Header Ads

test

BUDIDAYA JERUK LEMON LOKAL CEPAT BERBUAH

Sitrun, jeruk sitrun, atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Wikipedia
Nama ilmiah: Citrus × limon
Klasifikasi lebih tinggi: Jeruk
Tingkatan takson: Spesies
Tahukah Anda: Lemon halves dipped in salt or baking powder can be used to brighten up copper and clean kitchenware. sciencekids.co.nz




https://www.youtube.com/watch?v=Bygqk8EZBQg&t=11s


Sitrun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian

Sitrun
Citrus x limon - Köhler–s Medizinal-Pflanzen-041.jpg
Citrus lemon
Klasifikasi ilmiah
Kingdom:Plantae
(tidak termasuk):Angiospermae
(tidak termasuk):Eudikotil
(tidak termasuk):Rosidae
Ordo:Sapindales
Famili:Rutaceae
Genus:Citrus
Spesies:C. limon
Nama binomial
Citrus limon
(L.) Burm.f.
Sitrunjeruk sitrun (dari bahasa Belandacitroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.
Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di SpanyolPortugalArgentinaBrasilAmerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).
Beberapa kultivarnya antara lain 'Eureka', 'Lisbon' dan 'Meyer'.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Brief sketches of the history and botany of lemons and other citrus
  • (Inggris) (Purdue University) Morton, Julia F. 1987. "Lemon". pp. 160–168, in Fruits of warm climates. (Julia F. Morton, Miami)
  • (Inggris) Complete nutritional info
  • Andrew M. Watson, 1983. Agricultural Innovation in the Early Islamic World: The Diffusion of Crops and Farming Techniques, 700-1100. (Cambridge: Cambridge University Press) pp 42–50
  • Lemon Adalah

    Lemon atau jeruk lemon atau yang juga dikenal sebagai sitrun adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Lemon memiliki bentuk dan warna yang khas, yaitu kuning cerah warnanya dan bentuknya lonjong dengan ujung-ujungnya yang mengerucut. Bagian kulitnya empuk agak tebal, dan bulirnya berwarna bening kekuningan. 
    Lemon memiliki citarasa asam yang khas buah jeruk, tapi juga memiliki rasa manis. Sehingga rasanya asam manis segar dengan aroma yang kuat. Lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dari segi rasanya dengan jeruk nipis. Keduanya juga bisa saling menggantikan, terlebih karena harga lemon juga cenderung lebih mahal. 

    Fungsi

    Bagina yang paling sering dimanfaatkan dari jeruk lemon adalah airnya atau air perasannya. Biasanya, air jeruk lemon digunakan untuk bahan minuman, atau untuk memarinase daging. Sari lemon juga digunakan untuk memberikan rasa pada kue dan cake, serta salad. Bagian kulitnya juga bisa diparut untuk digunakan dalam pembuatan cake. 
    Lemon sangat kaya akan vitamin C, asam sitrat, kalsium, fosfor, dan magnesium. Lemon sangat baik dikonsumsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam organ pencernaan.

    Cara Mengolah

    Jeruk lemon ternyata lebih mudah membusuk bila diletakkan dalam suhu ruang. Sedangkan bila diletakkan dalam kulkas tanpa dibungkus, lemon ternyata juga tidak bertahan lama karena kadar airnya akan mudah hilang. 
    Nah, jika ingin awet menyimpan jeruk lemon, Anda bisa melakukan salah satu dari 2 cara ini :
    • Masukkan jeruk lemon ke dalam wadah kedap udara atau plastik wrap yang ketat. Simpan dalam kulkas bagian bawah. Cara ini dapat mempertahankan lemon kira-kira 3-4 minggu;
    • Bungkus jeruk lemon dengan plastik wrap dan segel rapat-rapat. Masukkan dalam freezer. Jika ingin digunakan, cukup rendam sebentar dengan air panas agar tidak lagi membeku.
    • tags : #jeruklemon, #kebunjeruklemon,#tanamjeruklemon,#@jeruknipis,#petani,#kebunjeruknipis